Salam Pendidik Indonesia. Blog ini adalah kompilasi Resume/Rangkuman Kuliah Rabu Pahing. Fokus dalam bidang Pendidikan. Semoga dapat menjadi tetesan embun pagi yang menyegarkan dan memberikan pengayaan untuk pendidikan di Indonesia.

Rabu, 16 Mei 2018

PROMOTING NATIONALISM AMONG STUDENTS THROUGH INDONESIA’S FLORA AND FAUNA-By: MEI-KRP 5 JUN 2017

PROMOTING NATIONALISM AMONG STUDENTS THROUGH INDONESIA’S FLORA AND FAUNA
By: Mei Rukmana

Nasionalisme merupakan ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri (KBBI). Hal ini sesuai dengan pendapat Djojormartono (1989: 5-7) yang mendeskripsikan nilai – nilai nasionalisme, salah satunya ialah bangga menjadi bangsa Indonesia. Sikap ini dapat ditanamkan salah satunya dengan meningkatkan wawasan nusantara (kebangsaan). Menurut Usman dalam Winanrno (2006:22), wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Mengenalkan flora dan fauna Indonesia kepada siswa menjadi salah satu alternative yang dapat dilakukan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan siswa. Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia setelah Brazil. Diketahui bahwa hutan Indonesia merupakan salah satu penyokong oksigen terbesar di dunia. Begitu banyak flora maupun fauna yang dapat ditemukan di Indonesia baik dari wilayah daratan maupun perairan. Sangat banyak manfaat yang dapat diambil dari kekayaan hayati ini. Mulai dari kopi, gula, dan lainnya. Keberagaman flora dan fauna di Indonesia mengundang sejumlah potensi pariwisata yang potensial. Tak hanya itu, di Indonesia juga ditemukan sejumlah flora dan fauna yang endemik yang menjadi daya tarik bagi wisata domestik maupun foreign. Dengan demikian, pengetahuan akan flora dan fauna yang dimiliki oleh Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu perwujudan sikap nasionalisme.

Keywords: nasionalisme, Flora – Fauna, Indonesia

KRP 5 JUN 2017 / TEMA : KEBANGSAAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar