Salam Pendidik Indonesia. Blog ini adalah kompilasi Resume/Rangkuman Kuliah Rabu Pahing. Fokus dalam bidang Pendidikan. Semoga dapat menjadi tetesan embun pagi yang menyegarkan dan memberikan pengayaan untuk pendidikan di Indonesia.

Rabu, 16 Mei 2018

KRP070218-STE-DIFERENSIASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN

DIFERENSIASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN
Oleh: Stevan Kristyogi Barimbing
Tema: MANAJEMEN PEMBELAJARAN

Pendidik perlu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Seiring dengan perkembangan zaman berbagai metode pembelajaran mengalami modifikasi yang berguna dalam menunjang keterampilan mengajar. Pendidik menerapkan dan mengembangkan beberapa metode yang ada di dalam pembelajaran. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan metode pembelajaran adalah kebutuhan-kebutuhan siswa pada setiap tahapan perkembangan psikologis. Setiap siswa memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu sama lain dalam fase perkembangan psikologis.

Berdasarkan uraian diatas, maka ditemukan beberapa alternatif metode pembelajaran dengan konteks perkembangan psikologis siswa. Metode pembelajaran yang digambarkan melalui lingkaran. Sebuah lingkaran yang dijadikan panduan akan dibelah menjadi tiga bagian. Bagian pertama merupakan sebuah pertanyaan mengapa siswa membutuhkan pelajaran yang akan diajarkan. Pernyataan tersebut menyiratkan tentang menumbuhkan minat belajar siswa terhadap pelajaran. Pembentukkan minat belajar siswa dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran. Bagian kedua sebagai bagaimana mengeksplorasi diri siswa dalam pembelajaran. Manfaat dari eksplorasi diri adalah membentuk karakter berpikir kritis serta menumbuhkan nilai-nilai problem solution oriented. Bagian ketiga merupakan apa yang telah diajarkan untuk siswa. Sebuah evaluasi diri siswa yang perlu dilakukan dengan tujuan pendidik menciptakan ruang bagi siswa untuk mengembangkan diri melalui evaluasi diri terhadap pembelajaran. Tujuan yang diharapkan melalui kegiatan tersebut mendukung apa yang telah didapatkan oleh siswa selama pembelajaran. Selain itu, siswa dapat menambah berbagai keterampilan serta mengintegrasikan ilmu yang diperoleh di dalam kehidupaan.

Kata kunci : kebutuhan psikologis, pendidik, siswa, metode belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar