Salam Pendidik Indonesia. Blog ini adalah kompilasi Resume/Rangkuman Kuliah Rabu Pahing. Fokus dalam bidang Pendidikan. Semoga dapat menjadi tetesan embun pagi yang menyegarkan dan memberikan pengayaan untuk pendidikan di Indonesia.

Rabu, 16 Mei 2018

KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR-Oleh: SAY-KRP 5 JUN 2017

KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Oleh: Santi Yuliasih

Pasal 3 undang – undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dijelaskan bahwa pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Sebagaimana dijelaskan dalam tujuan pendidikan nasional diatas bahwa salah satu sasaran dari proses pendidikan adalah menciptakan generasi bangsa yang berwatak dan menciptakan peradaban bangsa yang bermartabat. Hal ini mengisyaratkan bahwa didalam proses pendidikan harus mengimplementasikan tujuan yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa, sehingga dapat menanamkan nilai – nilai nasionalisme dalam pendidikan 

Pembangunan karakter dan jati diri bangsa merupakan cita-cita luhur yang harus diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang terarah dan berkelanjutan. Penanaman nilai-nilai akhlak, moral, dan budi pekerti seperti tertuang dalam Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional harus menjadi dasar pijakan utama dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi sistem pendidikan nasional. 

Bagaimana implementasi konstruktif pembangunan karakter dan jati diri peserta didik yang berwawasan dan menjunjung tinggi nilai kebangsaan saat kita berada di tengah mereka sebagai pendidik?

KRPSMA 5 JUN 2017 / TEMA: KEBANGSAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar