Salam Pendidik Indonesia. Blog ini adalah kompilasi Resume/Rangkuman Kuliah Rabu Pahing. Fokus dalam bidang Pendidikan. Semoga dapat menjadi tetesan embun pagi yang menyegarkan dan memberikan pengayaan untuk pendidikan di Indonesia.

Rabu, 16 Mei 2018

KRP300817-RAH-GRAMEEN BANK, MEMBERDAYAKAN KAUM MISKIN: Sebuah Contoh Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship)

GRAMEEN BANK, MEMBERDAYAKAN KAUM MISKIN 
Sebuah Contoh Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship)
Oleh: Rahmad Sukani
Tema: KEBANGSAAN


Kemiskinan tidak diciptakan oleh orang miskin, tetapi diciptakan oleh sistem. Adanya kemiskinan karena kelemahan fundamental dalam teori kapitalisme yang menonjolkan individualisme, mengabaikan aspek multidimensional manusia sebagai mahluk sosial. Dunia bisa terbebas dari kemiskinan jika sistem yang ada dirombak. Bisnis sosial adalah solusi untuk menghapuskan kemiskinan dari muka bumi. 

Itulah pandangan Profesor Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank dan peraih Nobel Perdamaian 2006. Konsep kredit mikro (micro financing) tanpa agunan bagi rakyat miskin yang digagas ekonom Bangladesh itu kini menjadi gerakan global, diadopsi di lebih dari 130 negara dan mengentaskan ratusan juta orang dari kemiskinan. Berdirinya Grameen Bank didasari ide bahwa orang miskin memiliki kemampuan yang kurang diberdayakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar