Salam Pendidik Indonesia. Blog ini adalah kompilasi Resume/Rangkuman Kuliah Rabu Pahing. Fokus dalam bidang Pendidikan. Semoga dapat menjadi tetesan embun pagi yang menyegarkan dan memberikan pengayaan untuk pendidikan di Indonesia.

Rabu, 16 Mei 2018

KRP070218-WIL-Media Interaktif Geogebra pada pembelajaran Integral


Media Interaktif Geogebra pada pembelajaran Integral
Oleh: Wilis Rahardi

Tema: MANAJEMEN PEMBELAJARAN


Geogebra adalah software matematika dinamis yang dirancang untuk pembelajaran matematika pada tingkat sekolah menengah dan kuliah. Sofware ini mampu menghubungkan keterpisahan antara beberapa disiplin ilmu dalam matematika seperti geometri, aljabar, bahkan kalkulus. Visualisasi volume benda putar dan luas daerah menjadi masalah pada bab integral kelas 12. Geogebra dapat dijadikan alternatif media pembelajaran unruk membantu siswa memvisualkan benda putar dan luas daerah.
Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan geogebra beberapa kesimpulan dapat ditarik dari hasil pelaksanaan pembelajaran diantaranya: siswa mendapat pengalaman membandingkan, mencoba, menghitung, menganalisa, serta menarik kesimpulan sesuai dengan kompetensi aplikasi integral, memberi kesempatan siswa utk melihat secara nyata luas daerah atau volume benda putar yang terjadi, memungkinkan siswa menggulangi proses mencari luas/volume dan siswa mendapatkan pengalaman langsung dari proses pembelajaran menggunakan media ini.

Keywords: Media pembelajaran, Interaktif, Geogebra, Integral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar