DIFERENSIASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN
Oleh: Stevan Kristyogi Barimbing
Tema: MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Pendidik
perlu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa di kelas. Seiring dengan perkembangan zaman berbagai metode
pembelajaran mengalami modifikasi yang berguna dalam menunjang keterampilan
mengajar. Pendidik menerapkan dan mengembangkan beberapa metode yang ada di
dalam pembelajaran. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan metode
pembelajaran adalah kebutuhan-kebutuhan siswa pada setiap tahapan perkembangan
psikologis. Setiap siswa memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu sama
lain dalam fase perkembangan psikologis.
Berdasarkan
uraian diatas, maka ditemukan beberapa alternatif metode pembelajaran dengan
konteks perkembangan psikologis siswa. Metode pembelajaran yang digambarkan
melalui lingkaran. Sebuah lingkaran yang dijadikan panduan akan dibelah menjadi
tiga bagian. Bagian pertama merupakan sebuah pertanyaan mengapa siswa
membutuhkan pelajaran yang akan diajarkan. Pernyataan tersebut menyiratkan
tentang menumbuhkan minat belajar siswa terhadap pelajaran. Pembentukkan minat
belajar siswa dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran. Bagian
kedua sebagai bagaimana mengeksplorasi diri siswa dalam pembelajaran. Manfaat
dari eksplorasi diri adalah membentuk karakter berpikir kritis serta
menumbuhkan nilai-nilai problem solution
oriented. Bagian ketiga merupakan apa yang telah diajarkan untuk siswa.
Sebuah evaluasi diri siswa yang perlu dilakukan dengan tujuan pendidik
menciptakan ruang bagi siswa untuk mengembangkan diri melalui evaluasi diri
terhadap pembelajaran. Tujuan yang diharapkan melalui kegiatan tersebut
mendukung apa yang telah didapatkan oleh siswa selama pembelajaran. Selain itu,
siswa dapat menambah berbagai keterampilan serta mengintegrasikan ilmu yang
diperoleh di dalam kehidupaan.
Kata kunci :
kebutuhan psikologis, pendidik, siswa, metode belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar