Konsep Teknologi Instruksional Menurut Pakar Pendidikan
Oleh: Hotman Eduard Panggabean
Tema: TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL
Istilah teknologi
instruksional seringkali bertukar tempat dengan istilah teknologi pendidikan,
namun teknologi instruksional lebih menekankan pada pendekatan ilmiah dan
sistematis terhadap penyelesaian masalah instruksional, dan teknologi
pendidikan fokus kepada penggunaan dan pendayagunaan seni dan teknologi untuk
mendukung pembelajaran. Teknologi instruksional atau pembelajaran adalah suatu
proses yang kompleks dan terpadu meliputi manusia, prosedur, ide, alat, dan
organisasi, untuk menganalisis masalah serta merancang, melaksanakan, menilai,
dan mengelola usaha pemecahan msalah dalam situasi belajar yang bertujuan dan
yang terkontrol. Konsep teknologi pembelajaran mencakup pada pemecahan masalah
dimana belajar merupakan hal yang memiliki tujuan dan sifatnya terkontrol.
Commission on
Instruction Technology (CIT) 1970, Teknologi Instruksional atau Pembelajaran
merupakan usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi
keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada
penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan
kombinasi sumber manusia dan manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Konsep Teknologi Instruksional ialah “satu bagian dari teknologi
pendidikan dengan asumsi sebagai akibat dari konsep instruksional sebagai
bagian pendidikan bersifat rumit dan terpadu, melibatkan orang, prosedur,
gagasan, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis dan mengolah masalah,
kemudian menerapkan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah pada situasi
dimana proses belajar terarah dan terpantau”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar