PERILAKU SISWA DI KELAS FISIKA SESUAI
TEORI BEHAVIORISME
Oleh: Arif Nurcahya
Perilaku siswa di
kelas yang diamati di kelas XI dalam pembelajaran Fisika yang diamati selama
semester II tahun 2016-2017 ini menunjukkan perubahan sesuai dengan perlakuan
yang diberikan. Kelas XI-Sci-A diberikan stimulus berupa good conduct slip bagi siswa yang mendapatkan hasil ulangan lebih
dari SoA dengan tahapan mundur, yaitu
level 2, 1 dan penghargaan verbal. Sedangan kelas XI-Sci-B diberikan stimulus
berupa good conduct slip bagi siswa
yang mendapatkan hasil ulangan lebih dari SoA
dengan tahapan maju, dengan penghargaan verbal, level 1, kemudian 2. Kelas
XI-Sci-C diberikan stimulus berupa good
conduct slip bagi siswa yang mendapatkan hasil ulangan lebih dari SoA dengan tetap sama, yaitu level 2.
Kelas XI-sci-D tidak mendapatkan stimulus apapun. Terlihat perbedaan dari
keempat kelas dalam perubahan perilaku siswa. Dalam variabel yang diamati yaitu
partisipasi dalam belajar (minat) dan penyelesaian tugas, kelas XI-Sci-A dan
XI-Sci-C lebih unggul.
Kata Kunci :perilaku siswa,
behaviorisme
Tidak ada komentar:
Posting Komentar