Salam Pendidik Indonesia. Blog ini adalah kompilasi Resume/Rangkuman Kuliah Rabu Pahing. Fokus dalam bidang Pendidikan. Semoga dapat menjadi tetesan embun pagi yang menyegarkan dan memberikan pengayaan untuk pendidikan di Indonesia.

Kamis, 01 Maret 2018

BEHAVIORAL VIEWS OF LEARNING - ANALISIS PERILAKU TERAPAN - Oleh: FIR - KRP 12 APR 2017

BEHAVIORAL VIEWS OF LEARNING - ANALISIS PERILAKU TERAPAN

Oleh : Firman Mendrofa

Pembelajaran tidak terbatas pada hanya sekolah, kita belajar tiap hari tentang kehidupan. Bayi belajar menendangkan kakinya untuk membuat mobil di atas ranjangnya, remaja belajar lirik lagu kegemarannya, orang paruh baya belajar mengubah pola diet dan olahraga, dst. Secara luas, pembelajaran ditemui ketika suatu pengalaman mengakibatkan perubahan yang relatif permanen terhadap pengetahuan atau perilaku seseorang. Perubahan itu dapat diarahkan atau tidak sengaja, menjadi lebih baik atau lebih buruk, benar atau keliru, disadari atau tidak disadari. (Hill, 2002)

Analisis perilaku terapan adalah aplikasi prinsip pembelajaran perilaku untuk mengubah perilaku. Metode ini kadangkala disebut modifikasi perilaku. Idealnya analisis perilaku terapan memerlukan spesifikasi yang jelas tentang perilaku yang akan diubah, pengukuran cermat terhadap perilaku, analisis terhadap antecedent dan penguat yang mungkin mempertahan perilaku yang tidak sesuai atau tidak diharapkan. Analisis Perilaku dengan desain ABAB:  perilaku (A), kemudian menerapkan Intervensi (B), lalu menghentikan intervensi untuk melihat apakah perilaku akan kembali ke level acuan (A), dan terakhir mengulangi intervensi (B), menunjukkan pengukuran cermat pada perubahan perilaku (Alberto & Troutman, 2003).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar